Breaking News

5 Manfaat Data Center untuk Kepentingan Infrastruktur IT

5 Manfaat Data Center untuk Kepentingan Infrastruktur IT

Pernahkah Anda menilik sebentar saja tentang proses serta langkah-langkah yang diterapkan oleh perusahaan data center? Proses tersebut nantinya memiliki main goal agar masyarakat atau pelanggan bisa menggunakan infrastruktur IT dengan nyaman. Di Indonesia, salah satu perusahaan layanan data yang paling direkomendasikan ada pada Lintasarta dapat anda cek disini http://www.lintasarta.net/Product/Data-Center. Untuk mengenali fungsi sekaligus peran penting dari pusat data tersebut, mari kita cermati 5 hal berikut ini.

  1. Meningkatkan Efisiensi terhadap Penggunaan Infrastruktur

Infrastruktur IT yang mapan selalu dilatarbelakangi oleh pusat data yang mapan pula. Sebab, pusat data tersebut terdiri dari penyimpanan sekaligus jaringan komputer yang biasanya digunakan oleh pelaku bisnis serta organisasi. Fungsinya untuk mengatur, menyimpan, memproses, serta menyebarluaskan data dalam kapasitas yang besar.

Bisnis modern selalu membutuhkan aplikasi, layanan, serta tempat penyimpanan yang terbaik. Apalagi jika bisnis tersebut sudah berkembang pesat dan menjadi andalan masyarakat sekitar. Sebab pusat data tersebut berfungsi sebagai principal repositories terhadap segala jenis atau macam peralatan IT. Mulai dari server, networking switches, dan lainnya.

  1. Meniadakan Gangguan terhadap Sumber Daya Listrik

Manfaat yang kedua ini sangat kentara atau sangat terasa sekali ketika terjadi pemadaman listrik. Umumnya, segala jenis elektronik akan langsung non-aktif begitu terjadi pemadaman listrik. Tapi untuk kasus penyimpanan data di pusat data yang ada pada infrastruktur IT tidak seperti itu. Sifatnya yang solutif bisa mengkover kebutuhan akan keamanan data tersebut.

Kita ambil contoh apa yang ada pada bank. Sekarang ini, baik bank konvensional maupun yang terbaru, saat terjadi pemadaman listrik, baterai bank yang ada akan menyediakan data tertentu. Alhasil, data-data yang lagi (tengah) disimpan atau dalam proses, bisa tetap berjalan karena generator diesel-nya masuk. Ini yang dinamakan dengan uptime server yang tinggi.

  1. Memberikan Jaminan Keamanan untuk Pengguna

Infrastruktur IT yang kukuh selalu memiliki pusat data yang sama kukuhnya. Soalnya, data center yang terbaik selalu bisa menjamin keamanan untuk infrastruktur tersebut. Penggunanya pun tidak perlu khawatir lagi terhadap kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi. Untungnya, meski pusat data dipegang oleh perusahaan, kontrol tetap milik Anda.

Sekarang ini perusahaan tidak perlu lagi menginvestasikan modal atau uang hanya untuk membangun infrastruktur IT-nya. Pihak perusahaan layanan data sudah bisa memfasilitasinya dengan menyediakan sistem paket data. Jadi, tinggal pakai saja. Soal identitas juga bisa dikonfirmasikan lewat biometrik sehingga semua aktivitasnya serba video-login.

  1. Penyimpanan dan Pemrosesan Data yang Cepat

Di era yang serba modern seperti saat ini, kecepatan masih menjadi nomor satu. Dengan kapasitas data yang besar, kemungkinan untuk memproses sekaligus menyimpan data bisa dikerjakan dalam waktu singkat. Bahkan hanya dalam hitungan jam untuk penyimpanan dengan kapasitas besar sekalipun.

Selain itu, soal kapasitas penyimpanan juga bisa Anda tambahkan sewaktu-waktu atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untungnya sekarang sudah banyak penyedia layanan IP yang berdomisili pada satu lokasi. Jadi, baik e-commerce, bank, atau perusahaan apa pun bisa menggunakannya meski bermodal terbatas.

  1. Memiliki Bandwith yang Lengkap

Ketika aktivitas yang serba online meningkat drastis, maka diperlukan pusat penyimpanan data yang lengkap. Soalnya kebutuhan terhadap pemasaran berbasis iklan, registrasi, website, audio, video, serta lain-lainnya sangat tinggi. Beruntung pusat data tersebut bisa menanganinya dengan baik dan setiap saat.

Dengan pengalaman selama lebih dari 20 tahun, tentu performanya sangat bisa diandalkan ketimbang perusahaan lain. Baik pemerintah maupun beberapa instansi, saat ini sudah menggunakan layanan data center dari Lintasarta secara berkelanjutan.

shares