Breaking News

Cara Menurunkan Kolesterol yang Efektif tanpa Pengobatan

cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami

Kolesterol merupakan lemak dalam darah, yang mana kadarnya harus tetap berada dalam batas normal (<200 mg/dL). Beberapa kondisi menyebabkan kadar kolesterol meningkat, di mana hal ini dapat menyebabkan berbagai penyakit jantung dan kardiovaskular. Guna mengatasi kondisi ini, selain menggunakan obat, berikut beberapa cara menurunkan kolesterol.

Perbanyak Mengonsumsi Sayur dan Buah

Penyebab utama meningkatnya kolesterol adalah pola makan yang kurang baik. Oleh sebab itu, cara yang paling efektif untuk menurunkan kadar kolesterol adalah mengatur pola makanan. Sayur dan buah kaya akan serat yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL).

Dalam rangka menjaga kadar kolesterol, disarankan untuk mengonsumsi minimal 500 gram buah dan sayur. Buah dan sayur yang bisa Anda pilih antara lain adalah brokoli, lobak, pir, ubi jalar, alpukat, wortel, apel, kacang merah, biji rami dan gandum. Buah Berries seperti stroberi, blueberry atau cranberry juga baik dikonsumsi, karena mengandung flavonoid.

Konsumsi Makanan yang Kaya Omega-3

Mengonsumsi lemak omega-3 dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Oleh sebab itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya omega-3, seperti ikan salmon, makarel, tuna, sarden, kacang kenari dan chia seed. Multivitamin dengan kandungan omega-3 juga bisa Anda pilih sebagai alternatif.

Hindari Makanan Berlemak

Makanan yang cukup berpengaruh terhadap peningkatan kadar kolesterol adalah makanan yang berlemak. Oleh sebab itu, cara menurunkan kolesterol adalah dengan menghindari makanan berlemak. Namun, karena tubuh tetap membutuhkan lemak, pilihlah makanan dengan lemak rendah, seperti susu rendah lemak, kacang-kacangan, putih telur, tahu dan tempe.

Olahraga secara Teratur

Selain pola makan, gaya hidup juga turut berpengaruh terhadap peningkatan kadar kolesterol. Penting untuk selalu melakukan olahraga secara rutin minimal 2 kali seminggu dalam upaya menurunkan kolesterol. Selain membuat tubuh menjadi lebih bugar, lemak tubuh akan terbakar menjadi energi, yang artinya kadarnya akan menurun.

Berhenti Merokok

Rokok mengandung berbagai zat berbahaya, seperti karbon monoksida, nikotin dan zat kimia lainnya. Zat-zat tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol HDL (high density lipoprotein), yang mana kolesterol jenis ini mampu membersihkan pembuluh darah dari plak dan sumbatan yang menjadi penyebab utama timbulnya penyakit jantung dan gangguan kardiovaskular.

Selain itu, zat-zat tersebut juga dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida, yang mana kedua jenis lemak darah ini mudah menempel pada pembuluh darah dan menyebabkan plak. Menurunnya kadar kolesterol HDL dan meningkatnya kolesterol LDL dan trigliserida, akan mempermudah plak menumpuk dan meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung.

Demikianlah beberapa cara menurunkan kolesterol tanpa menggunakan obat. Jangan lupa untuk selalu memonitor kadar kolesterol Anda secara rutin. Cara ini juga bisa Anda lakukan saat sedang menjalani terapi pengobatan medis. Informasi seputar kesehatan, gaya hidup, ibu dan anak serta parenting bisa Anda baca di laman parenting.orami.co.id.

shares